Sitepu, Darwin Putra (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP YP UTAMA MEDAN NO. 10211042 SULUH KEC. MEDAN TEMBUNG MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 308111022-COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 308111022-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
NIM. 308111022-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM. 308111022-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
NIM. 308111022-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM. 308111022-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM. 308111022-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 308111022-BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
NIM. 308111022-BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 308111022-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP YP Utama Medan No. 10211042 Suluh Kec. Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kedaulatan Rakyat di Kelas VIII SMP YP Utama Medan No. 10211042 Suluh Kec. Medan Tembung.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YP Utama Medan No. 10211042 Suluh Kec. Medan Tembung dengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas diproleh siswa sebanyak 55,29 dari 17 siswa. Dimana 7 siswa (41%) memproleh ketuntasan dan 10 (59%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 60 dimana 8 siswa (47,05%) memproleh ketuntasan, 9 siswa (52,94%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 76,47% dan kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat 68,23 dimana 12 siswa (70,58%) memperoleh ketuntasan, 5 siswa (29,41%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 94,11%, dengan katagori penilaian adalah baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sit p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Faktor;Teori Belajar; Pembelajaran Kooperatif;Model Pembelajaran Jigsaw |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17901 |