Manurung, Rioda (2013) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADIANKOTING TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309411009 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM. 309411009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
NIM. 309411009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 309411009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM. 309411009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 309411009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 309411009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 309411009 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
NIM. 309411009 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 309411009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting tahun pelajaran 2012/2013. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penulis mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Adiankoting. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas dan jumlahnya sebanyak 104 orang. Jadi dalam menentukan sampel sebanyak 25 %, maka sampel dari penelitian ini yang dianggap dapat mewakili populasi yaitu sebanyak 26 orang. Alat pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data yaitu observasi, angket dan wawancara.Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis korelasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif untuk menghitung koefisien keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn digunakan rumus statistika product moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel atau 0,640 > 0,388 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting, dan untuk menguji hipotesis apakah hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji statistika-t.Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 3,125 > 2,064 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n - 2 (26 – 2 = 24), maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Man p |
Keywords: | Mengajar; Keterampilan mengajar; Klasifikasi; Minat belajar; Hipotesis. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17884 |