Nasution, Yenni Novitasari (2013) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X, XI IPS, XII IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071233320049 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
071233320049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
071233320049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
071233320049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
071233320049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
071233320049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
071233320049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071233320049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071233320049 Bab I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
071233320049 Bab VI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
071233320049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi pada Tahun Pelajaran 2011 - 2012 (2) Untuk mengetahui lingkungan mana yang paling berpengaruh antara lingkungan fisik dan non fisik terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2012, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yaitu kelas X, XI IPS, XII IPS berjumlah 10 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 336 siswa. Sampel yakni siswa – siswi SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang diambil secara acak proporsional sebesar 30 % dari populasi, yaitu kelas X, XI IPS, XII IPS, maka sampelnya 100 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi kwalitatif dan kwantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan fisik sekolah dan lingkungan non fisik sekolah SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2011/2012 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi yaitu sebesar 9,93. Ini dapat diterima dari hasil yang diperoleh Freg = 9,93 lebih besar dari FTabel sebesar 3,09 dinyatakan signifikan pada taraf 5%. Semakin baik lingkungan fisik sekolah dan lingkungan non fisik sekolah maka semakin baik pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Besarnya kontribusi lingkungan sekolah fisik dan lingkungan sekolah non fisik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi sebesar 41,20% dimana yang termasuk dalam kriteria korelasi sedikit rendah atau agak rendah (2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa yang paling besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar geografi siswa adalah pengaruh lingkungan nonfisik sekolah, yakni sebesar 11%, kemudian diikuti oleh lingkungan fisik sekolah sebesar 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Nas p |
Keywords: | LINGKUNGAN; SEKOLAH; LOKASI; KEADAAN BANGUNAN; SUASANA; FASILITAS; DISIPLIN; METODE; PENGAJARAN; RELASI GURU; RELASI SISWA; BELAJAR; PRESTASI; PENELITIAN RELEUSA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2018 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17678 |