Apriani, Devi (2012) MASALAH-MASALAH GAME ONLINE DIKALANGAN REMAJA (STUDI KASUS: PRILAKU REMAJA DI KELURAHAN BANDAR SELAMAT, KECAMATAN MEDAN TEMBUNG). Undergraduate thesis, UNIMED.
308322014 Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
308322014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
308322014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
308322014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
308322014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
308322014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
308322014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
308322014 Bab I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
308322014 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
308322014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui masala-masalah game online dikalangan remaja, mengetahui faktor-faktor penyebab remaja bermain game online, dampak dari game online, bentuk pengawasan yang dilakukan orang tua.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan dilalkukan secara purposive sampling. Adapun informan dalam penelitian tersebut adalah pemain game online, orang tua yang mempunyai anak remaja, dan juga pemilik game online tersebut.Dari hasil penelitian ditemukan masalah-masalah game online dikalangan remaja yaitu masalah pada aspek pendidikan yaitu menjadi malas belajar, melupakan (PR), sering bolos belajar. Kesehatan yaitu pada kelelahan mata, jemari tangan, fisik, emosi dan terlambat makan. Moral yaitu kemerosotan moral, tidak ada saling mengharga. Perilaku yaitu berbohong dan mencuri orang tua. Kecanduan/ketergantungan yaitu merasa penasaran, dan melakukan apa saja demi kemenangan permaina. Faktor yang melatar belakangi anak bermain game online adalah faktor eksternal adalah lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, keluarga yang berantakan, dan kesibukan orang tua. Lingkungan sekolah yaitu kurang perhatian dari guru dan kurang professional. Lingkungan masyarakat yaitu kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar maupun teman sebaya , faktor internal yaitu rasa ingin tahu, kemauan/keinginan . Dampak dari game online pada negatifnya adalah lupa beraktifitas, berbohong, pemborosan berjudi, perilaku menyimpang, hubungan dengan keluarga dan teman berkurang, kekerasan, rasa tak tenang saat tidak bermain games.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 306.071 Apr m |
Keywords: | Teknologi; Permainan; Remaja |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17614 |