Harahap, Agus Azhar (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS COLLABORATIVE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR KABUPATEN TAPSEL T.A 2014 / 2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8136175001 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM.8136175001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM.8136175001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM.8136175001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM.8136175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM.8136175001 TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM.8136175001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM.8136175001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM.8136175001 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM.8136175001 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM.8136175001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan kognitif siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collaborative yang diajarkan kepada siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional yang diajarkan pada kelas kontrol kemudian mengetahui ada perbedaan antara Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collaborative dengan Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sampel diambil sebanyak 2 kelas. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan model Inquiry Training Berbasis Collaborative dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari :Tes kemampuan kognitif siswa dan Deskriptor Keterampilan Proses Sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collborative dengan pembelajaran konvensional. Perbedaannya diantaranya : pemahaman konsep dan kemampuan kognitif pada kelas Eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiry Training Berbasis Collborative tentu lebih baik daripada kelas kontrol dan ada perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collborative dengan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 9 Har e |
Keywords: | Inquiry training berbasis collaborative; Keterampilan proses sains; Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:43 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1757 |