EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS COLLABORATIVE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR KABUPATEN TAPSEL T.A 2014 / 2015

Harahap, Agus Azhar (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS COLLABORATIVE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR KABUPATEN TAPSEL T.A 2014 / 2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.8136175001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.8136175001 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8136175001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8136175001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.8136175001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.8136175001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8136175001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8136175001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.8136175001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.8136175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.8136175001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.8136175001 TABLES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.8136175001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.8136175001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.8136175001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.8136175001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.8136175001 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM.8136175001 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.8136175001 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM.8136175001 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.8136175001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.8136175001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan kognitif siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collaborative yang diajarkan kepada siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional yang diajarkan pada kelas kontrol kemudian mengetahui ada perbedaan antara Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collaborative dengan Keterampilan Proses Sains siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sampel diambil sebanyak 2 kelas. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan model Inquiry Training Berbasis Collaborative dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari :Tes kemampuan kognitif siswa dan Deskriptor Keterampilan Proses Sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collborative dengan pembelajaran konvensional. Perbedaannya diantaranya : pemahaman konsep dan kemampuan kognitif pada kelas Eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiry Training Berbasis Collborative tentu lebih baik daripada kelas kontrol dan ada perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training Berbasis Collborative dengan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 9 Har e
Keywords: Inquiry training berbasis collaborative; Keterampilan proses sains; Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:43
Last Modified: 15 Apr 2016 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item
View Item