Sitepu, Desy Evrina (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMP NEGERI 2 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308321013 Cover.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 308321013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 308321013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 308321013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 308321013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 308321013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 308321013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 308321013 Bab I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
9. NIM. 308321013 Bab V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
10. NIM. 308321013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powerpoint terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMP Negeri 2 Berastagi, (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan menggunakan media powerpoint dengan yang tidak menggunakan media powerpoint.Jenis penelitian ini adalah eksperimen populasi peneliti adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi yang terdiri dari 7 kelas sebayak 211 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, di mana kelas pertama berjumlah 30 orang dan kelas kedua berjumlah 30 orang, sehingga total sampel 60 orang. Pada kelas pertama pembelajaran di lakukan tanpa menggunakan media powerpoint dan kelas kedua di lakukan dengan menggunakan media powerpoint. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah tes hasil belajar siswa berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda yang sudah divalidkan oleh vaditator melalui analisis butir soal. Tes di lakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum proses belajar mengajar (pre-tes) dan sesudah proses belajar (post-test).Dari hasil nilai pre-tes sebelum di beri perlakuan pada kelas eksperimen di peroleh nilai rata-rata = 49,33 dengan standar deviasi 9,11 sedangkan untuk kelas kontrol di peroleh nilai rata-rata = 45,33 dengan standar deviasi 9,90, maka kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan untuk kelas eksperimen di ajar dengan menggunakan media powerpoint dan untuk kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan media powerpoint, maka di lakukan post-test. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media powerpoint adalah = 82,00 dengan standar deviasi 8,26 sedangan untuk kelas kontrol yang diajarkan tanpa mengunakan media powerpoint adalah = 69,66 dengan standar deviasi 7,87.Hasil uji t di peroleh di mana harga thitung = 4,67 ttabel = 2,00 pada taraf nyata a = 0,05 dan dk = (30+30-2) = 58 di mana tℎitung > ttabel, maka di peroleh adanya pengaruh signifikan penggunaan media powerpoint terhadapa hasil belajar sejarah siswa pada materi masuk dan berkembangnya agama hindu budha di Indonesia di kelas VII Negeri 2 Berastagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 950.071 Sit p |
Keywords: | Media pembelajaran; powerpoint; peninggalan sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17567 |