Nadapdap, Restia M. (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI SEJARAH MASUKNYA HINDU-BUDHA DI INDONESIA SERTA PENINGGALANNYA DI INDONESIA DI KELAS VII2 SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308121124 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 308121124 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 308121124 Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 308121124 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 308121124 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM. 308121124 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 308121124 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 308121124 Bab I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. NIM. 308121124 Bab V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
10. NIM. 308121124 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan penerapan model picture and picture dalam peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi kelas VII2 smP Negeri 1 Tapian Dolok, Kab. Simalungun. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi kelas VII2 SMP Negeri 1 Tapian Dolok, Kab. Simalungun.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflektion) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Tapian Dolok, Kab. Simalungun dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada pra-tindakan adalah 50% naik sebesar 21% pada siklus I dan 14% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa peningkatan keberhasilan pra-tindakan sebesar 31% pada siklus I dan 30% pada siklus II.Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 26 siswa yang tuntas sebesar 25 siswa atau 91% dan 1 siswa atau 9% tidak tuntas karena kelainan berfikir yang dialami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 950.071 Nad p |
Keywords: | Teori Bruner; Teori Pieaget; Teori Gagne; Strategi pembelajaran; Picture and picture |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17558 |