Veronica, Vanny (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308111087 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 308111087 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 308111087 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 308111087 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
5. NIM. 308111087 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6. NIM. 308111087 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 308111087 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 308111087 Bab I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
9. NIM. 308111087 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
10. NIM. 308111087 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Negeri 3 Binjai semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket, test hasil belajar dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 308 orang dan sampel yang digunakan adalah 1 dari 7 kelas, yang ditetapkan dengan bertujuan (Purposive Sampling). Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan dalam variabel x dan y, digunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dapat diketahui bahwa r hitung sebesar 0,812 dengan N = 41, sementara nilai r tabel menunjukkan pada angka 0,308. Kemudian apabila diinterpretasikan, maka angka tersebut menunjukkan ke dalam kategori rendah. Dengan demikian r hitung > r tabel atau 0,812 > 0,308 berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa. Maka, berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Negeri 3 Binjai semester genap tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ver p |
Keywords: | Model Pembelajaran Portofolio; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17508 |