Sianipar, Nurcahaya (2012) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI POKOK SIKAP POSITIF TERHADAP KONSTITUSI NEGARA DI KELAS X SMA KALAM KUDUS MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308111069 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 308111069 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. NIM. 308111069 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 308111069 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM. 308111069 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. NIM. 308111069 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 308111069 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 308111069 Bab I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 308111069 Bab V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
10. NIM. 308111069 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi pokok sikap positif terhadap konstitusi negara pada mata pelajaran PKn Kelas X Semester Genap SMA Kalam Kudus Medan dan untuk mengetahui manfaat menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan, identifikasi dan analisis pengolahan data, membuat kesimpulan dan laporan dengan tujuan utama mendapatkan suatu keadaan secara objektif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan test pemahaman pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa di kelas X SMA Kalam Kudus Medan yang terdiri dari kelas X-A sampai kelas X-C. Adapun jumlah siswa sebanyak 108 orang. Jadi, dalam menentukan sampel sebanyak 32%, sehingga sampel dari penelitian ini yang dianggap dapat mewakili populasi yaitu sebanyak 35 orang dari kelas X-A. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Pengolahan data dalam penelitian ini tidak berhubungan dengan statistik karena penelitian ini hanya bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick efektif dalam pembelajaran PKn kelas X pada materi pokok sikap positif terhadap konstitusi negara. Hal ini dapat dilihat dari data penelitian dan penjelasannya maka penulis menyimpulkan bahwa Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Konstitusi Negara Di Kelas X SMA Kalam Kudus Medan telah terlaksanan dengan baik. Dengan demikian model pembelajaran talking stick efektif diterapkan dalam mata pelajaran PKn pada materi pokok sikap positif terhadap konstitusi negara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sia e |
Keywords: | Sikap Positif; Konstitusi Negara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17480 |