Purwasih, Ria (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA DIPANEGARA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308311067 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 308311067 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 308311067 Abstrak.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM. 308311067 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM. 308311067 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. NIM. 308311067 Bab I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
7. NIM. 308311067 Bab V.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
8. NIM. 308311067 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa kelas X di SMA Dipanegara Tebing Tinggi serta untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMA Dipanegara Tebing Tinggi dengan jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang, maka penulis mengambil total populasi atau total sampel karena siswa/i kurang dari 100 orang. Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah teknis analisis korelasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif untuk menghitung koefisien pengaruh penerapan model pembelajaran dengan minat belajar siswa digunakan rumus statistik product moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukkan nilai rhitung > rtabel atau 0,464 > 0,254 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X semester Genap SMA Dipanegara Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012, dan untuk menguji hipotesis apakah hipotesis kerja atau hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji “t”. Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 4,50 > 2,00 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (60-2 = 58), maka hipotesis alternative (Ha) dapat diterima yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas X SMA Dipanegara Tebing Tinggi, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak yakni tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas X SMA Dipanegara Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Pur p |
Keywords: | Minat Belajar; Pelajaran PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17474 |