Ardiansyah (2012) PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI SMA NEGERI I HAMPARAN PERAK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308311007 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 308311007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (29MB) | Preview
3. NIM. 308311007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM. 308311007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 308311007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 308311007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 308311007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 308311007 Bab I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
9. NIM. 308311007 Bab V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
10. NIM. 308311007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan berbasis karakter pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan nilai karakter siswa kelas XI SMA Negeri I Hamparan Perak. Untuk menguji hipotesis digunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Hamparan Perak sebanyak 148 siswa, jadi dalam menentukan sampel diambil sebanyak 20 % dari populasi yaitu 40 siswa yang diambil 1 kelas. Selanjutnya untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan alat pengumpul data seperti Observasi, penyebaran angket dan wawancara, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan Rumus Produck Moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat perhitungan rxy diperolah koefisien r = 0,579 maka besarnya rxy terdapat pengaruh antara variabel X yaitu penerapan pendidikan berbasis karakter dan variabel Y yaitu nilai karakter siswa terdapat pengaruh yang cukup atau sedang. Harga itu diuji keberartiannya dengan menggunakan perhitungan uji “t” maka diperoleh thitung = 4,377 dengan harga ttabel = 2,021 (thitung > ttabel) untuk taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis (Ho) di tolak dan hipotesis (Ha) yaitu Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pendidikan berbasis karakter terhadap peningkatan nilai krakter siswa kelas XI pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri I Hamparan Perak dapat diterima..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ard p |
Keywords: | Nilai Karakter; Peran Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17472 |