Daud (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DAN TANPA MEMANFAATKAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK HIDROSFER DI KELAS X SMA PLUS SWASTA AL-AZHAR MEDAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 061233310066 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 061233310066 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM. 061233310066 Abstrak.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 061233310066 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 061233310066 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 061233310066 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 061233310066 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 061233310066 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 061233310066 Bab I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
10. NIM. 061233310066 Bab VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. NIM. 061233310066 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran pada materi pokok hidrosfer di kelas X SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan tahun 2012. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 102 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) yang masing-masing kelas terdiri dari 20 orang, dimana kelas X-C diberi pengajaran dengan memanfaatkan blog dan kelas X-D diberikan pengajaran dengan tanpa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen objektif tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikan α = 0,05.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan blog lebih tinggi yaitu 86,35, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa memanfaatkan blog adalah 80,85. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh thitung = 8,23 dan ttabel 2,024, maka thitung > ttabel (8,23 > 2,024) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar materi pokok hidrosfer siswa yang diajarkan dengan menggunakan blog lebih tinggi daripada hasil belajar materi pokok hidrosfer siswa tanpa menggunakan blog di kelas X SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan T.P 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17452 |