Sihombing, Yuni Asnita (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN DARAT KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131104 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 308131104 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 308131104 Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 308131104 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 308131104 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 308131104 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM. 308131104 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 308131104 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. NIM. 308131104 Bab I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
10. NIM. 308131104 Bab VI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
11. NIM. 308131104 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar geografi siswa pada materi Perairan Darat dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), (2) hasil belajar geografi siswa pada materi Perairan Darat dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMA Negeri 4 Kisaran , Kelas X-2 Semester 2 T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi perairan darat mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 61,26% dan pada siklus II sebesar 81,59%, (2) Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi perairan darat, persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I diperoleh sebesar 67,50 % atau sebanyak 27 orang siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 87,50% atau sebanyak 35 orang siswa dinyatakan sudah tuntas. Ketuntasan klasikal siswa dinyatakan tuntas apabila persentase ketuntasan belajar siswa ≥ 85% dan pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa sudah mencapai indikator atau tercapai. Oleh karena itu, hipotesis diterima: (1) Melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi perairan darat dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran T.A. 2011/2012, (2) Melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi perairan darat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran T.A. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Sih p |
Keywords: | Perairan darat; Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17446 |