Nababan, Rimma D. (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INKUIRI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131082 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 308131082 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM. 308131082 Abstrak.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 308131082 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. NIM. 308131082 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 308131082 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. NIM. 308131082 Daftar Skema.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 308131082 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. NIM. 308131082 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
10. NIM. 308131082 Bab I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
11. NIM. 308131082 Bab VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
12. NIM. 308131082 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keaktifan belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri di SMA Negeri 1 Lintongnihuta Tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan teknik analisa data adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lintongnihuta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri pada penelitian ini terus meningkat pada setiap siklusnya. Dimana nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I adalah 46,11 dan pada siklus II adalah 82,43. (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada sub materi kerusakan lingkungan hidup pada penelitian ini menunjukkan peningkatan setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada prasiklus, siklus I, siklus II yaitu pada prasiklus siswa yang tuntas hanya 25,64% , siklus I mencapai 35,92%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 92,30% secara klasikal. Artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Nab p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif: Inkuiri terbimbing; Inkuiri bebas; Inkuiri bebas modifikasi; Lingkungan hidup |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17442 |