Suriani, Agus (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308331005 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 308331005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 308331005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 308331005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 308331005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 308331005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 308331005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 308331005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 308331005 Bab I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
10. NIM. 308331005 Bab VI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
11. NIM. 308331005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui perbedaan yang signifikanantara hasil belajar siswa yang diberlakukan dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan tipe Bertukar Pasangan.2). Mengetahui sesuai atau tidaknya penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Make a Match dan model kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan substansikedua model pada materi Perairan Laut di Kelas X SMA Negeri 11 Medan TahunAjaran 2011/2012.Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitianadalah kelas X1 dan kelas X2 SMA Negeri 11 Medan dan sampel diambil secaratotal sampling sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data adalah deskriptifkuantitatif yang terdiri dari 25 soal yang sudah divalidkan.Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Make a Match (86,5) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajarankooperatif tipe Bertukar Pasangan (74,4). Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dikarenakan model Make a Match lebih unggul daripada model Bertukar Pasangan. Penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Make a Match dan model kooperatif tipe Bertukar Pasangan belum sesuaidengan substansi kedua model tersebut, dikarenakan keterbatasan dalam penelitian yaitu: (1). Guru yang berpengalaman tidak optimum (2). jumlah siswa banyak, (3). Kondisi ruangannya luas, (4). Karakteristik siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Sur p |
Keywords: | Perairan laut; Pembelajaran kooperatif; Make a match; Bertukar pasangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17437 |