Nursiti, Sri (2012) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI KOLABORASI METODE FIRING LINE DENGAN TOWN MEETING PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131095 Cover.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. NIM. 308131095 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 308131095 Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 308131095 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 308131095 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 308131095 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 308131095 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 308131095 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 308131095 Bab I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
10. NIM. 308131095 Bab VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. NIM. 308131095 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan minat siswa melalui Kolaborasi Metode Firing Line Dengan Town Meeting, (2) hasil belajar siswa melalui Kolaborasi Metode Firing Line Dengan Town Meeting Pada Materi Hidrosfer Di Kelas X SMA Swasta Medan Puteri T.A 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah 35 orang dengan objek penelitian adalah peningkatan minat dan hasil belajar melalui kolaborasi metode pembelajaran firing line dan town meeting pada materi hidrosfer di kelas X-2 SMA Swasta Medan Putri . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, dan teknik komunikasi tak langsung kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kolaborasi metode firing line dan town meeting dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi hidrosfer. Peningkatan minat belajar siswa sebesar 16,69% (siklus I minat belajar sebesar 72,95% % dan pada siklus II sebesar 89,64 %). (2) Hasil belajar sebesar 14,01 % pada siklus I sebesar 77,42 % dan siklus II sebesar 91,43 %. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya penerapan kolaborasi metode firing line dengan town meeting dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Nur p |
Keywords: | Pembelajaran aktif; Minat belajar; Firing line; Town meeting; Hidrosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17420 |