PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAYA BAHASA PADA CERPEN PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU KARYA HASAN AL BANNA OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Sugiarti, Uci (2012) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAYA BAHASA PADA CERPEN PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU KARYA HASAN AL BANNA OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 208111087 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 208111087 Cover.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 208111087 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 208111087 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 208111087 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 208111087 Abstrak.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 208111087 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 208111087 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 208111087 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 208111087 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 208111087 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 208111087 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 208111087 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 208111087 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 208111087 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 208111087 Bab I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 208111087 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 208111087 Bab V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 208111087 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 208111087 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran Kelompok Buzz (Buzz Group) terhadap kemampuan menemukan gaya bahasa pada cerpen ”Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013.Sampel penelitian berjumlah 40 orang dari 417 populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay.Dari hasil pengolahan data, maka diperoleh nilai rata-rata pre-tes 65, standar deviasi 5,52, dan termasuk kategori baik= 40%, kategori cukup= 50%, dan kategori kurang= 10%, sedangkan hasil post-test memperoleh nilai rata-rata 73,8, standar deviasi 5,87, dan termasuk kategori baik sekali= 22,5%, kategori baik= 75%, dan kategori cukup= 2,5%. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas hasil pre-tes dan post-tes dinyatakan berditribusi normal dan data bersifat homogen.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung = 6,85 pada taraf signifikan 5% dengan df= 40, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,02 dan 1% = 2,71 karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02 < 6,85 > 2,71, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya teknik pembelajaran Kelompok Buzz berpengaruh terhadap kemampuan siswa menemukan gaya bahasa pada cerpen ”Parompa Sadun Kiriman Ibu”.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Teknik pembelajaran Kelompok Buzz berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan gaya bahasa pada cerpen “Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Sug p
Keywords: teknik pembelajaran kelompok buzz; gaya bahasa; cerpe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 27 Sep 2016 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17418

Actions (login required)

View Item
View Item