Sugiarti, Uci (2012) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAYA BAHASA PADA CERPEN PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU KARYA HASAN AL BANNA OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 208111087 Cover.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 208111087 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 208111087 Abstrak.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 208111087 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
5. NIM. 208111087 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 208111087 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 208111087 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM. 208111087 Bab I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
9. NIM. 208111087 Bab V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
10. NIM. 208111087 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran Kelompok Buzz (Buzz Group) terhadap kemampuan menemukan gaya bahasa pada cerpen ”Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013.Sampel penelitian berjumlah 40 orang dari 417 populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay.Dari hasil pengolahan data, maka diperoleh nilai rata-rata pre-tes 65, standar deviasi 5,52, dan termasuk kategori baik= 40%, kategori cukup= 50%, dan kategori kurang= 10%, sedangkan hasil post-test memperoleh nilai rata-rata 73,8, standar deviasi 5,87, dan termasuk kategori baik sekali= 22,5%, kategori baik= 75%, dan kategori cukup= 2,5%. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas hasil pre-tes dan post-tes dinyatakan berditribusi normal dan data bersifat homogen.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung = 6,85 pada taraf signifikan 5% dengan df= 40, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,02 dan 1% = 2,71 karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02 < 6,85 > 2,71, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya teknik pembelajaran Kelompok Buzz berpengaruh terhadap kemampuan siswa menemukan gaya bahasa pada cerpen ”Parompa Sadun Kiriman Ibu”.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Teknik pembelajaran Kelompok Buzz berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan gaya bahasa pada cerpen “Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sug p |
Keywords: | teknik pembelajaran kelompok buzz; gaya bahasa; cerpe |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17418 |