PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI KOLABORASI METODE JIGSAW LEARNING DENGAN METODE CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA AL ULUM

Tampubolon, Reni Agustina (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI KOLABORASI METODE JIGSAW LEARNING DENGAN METODE CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA AL ULUM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308331066 COVER.pdf]
Preview
Text
308331066 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308331066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308331066 Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308331066 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308331066 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Bab I.pdf]
Preview
Text
308331066 Bab I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308331066 Bab VI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 308331066 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308331066 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) aktivitas belajar siswamelalui penggunaan kolaborasi metode jigsaw learning dengan crossword puzzlepada materi hidrosfer kelas X, (2) hasil belajar siswa melalui penggunaan kolaborasi metode jigsaw learning dengan crossword puzzle pada materi hidrosfer kelas X.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalam 2 siklus di SMA Swasta Al Ulum pada tahun pelajaran 2011/2012. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 yang berjumlah 40 orang. Teknikpengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik komunikasi tidaklangsung ialah observasi. Teknik komunikasi langsung berupa data hasil tes, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kolaborasi metode jigsaw learningdengan crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer tentang perairan darat. (1) peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 8,9%, dimana pada siklus I sebesar 75,3% menjadi 84,2% pada siklus II. (2)peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 25%, dimana pada siklus I sebesar 62,5% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Artinya bahwa dengan menggunakan kolaborasi metode jigsaw learning dengan crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 Tam p
Keywords: Pembelajaran aktif; Pembelajaran jigsaw; Crossword puzzle; Hidrosfer; Siklus hidrologi; Perairan darat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 28 Dec 2016 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item
View Item