PENGARUH METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN PKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hasibuan, Andi Saputra (2012) PENGARUH METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN PKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308311003 COVER.pdf]
Preview
Text
308311003 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (894kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308311003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308311003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308311003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Bab I.pdf]
Preview
Text
308311003 Bab I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Bab V.pdf]
Preview
Text
308311003 Bab V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 308311003 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308311003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Simulasi dalam pembelajaran PKn di kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.Untuk menguji hipotesis digunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII MTsN 1 Medan sebanyak 224 orang. Jadi, di dalam menentukan sampel diambil sebanyak 15% dari populasi yaitu 32 orang yang diambil porpose sampel. Selanjutnya untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan alat pengumpul data seperti Observasi, dan penyebaran angket, Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan Rumus Product Moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat dari perhitungan rxy diperoleh koefisien r = 0,450, ini menunjukkan bahwa dari besar nilai rxy terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y dan terdapat pengaruh yang cukup atau sedang.Harga itu diuji keberartiannya dengan menggunakan perhitungan “uji t”, makadiperoleh “t hitung” = 2,579 dengan harga “t tabel” = 2,021 “t hitung”>”t tabel” untuk taraf signifikan 5 %, dengan demikian hipotesis (Ha) dapat diterima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Simulasi terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh Koefisien Determinasi r2= 0,1921 berarti19,21 % koefisien pengaruh metode Simulasi terhadap minat belajar Siswa kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat disimpulkanbahwa Metode Simulasi berpengaruh cukup berarti terhadap Minat Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 180.071 Has p
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Minat belajar; Metode simulasi
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 23 Dec 2016 10:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

View Item
View Item