Pangaribuan, Melva Elvrida (2015) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN BERBASIS DISCOVERY. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176021 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 8136176021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM 8136176021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 8136176021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 8136176021 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 8136176021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8136176021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 8136176021 LIST OF APPENCIES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8136176021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13 NIM 8136176021 CHAPER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 8136176021 BIBLIGRAPHY .pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah alat praktikum berbasis discovery yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Van den Akker. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Katolik Mariana Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 orang yang dibelajarkan menggunakan alat praktikum berbasis discovery pada kegiatan praktikum. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi alat praktikum oleh tim ahli materi dan media, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap alat praktikum berbasis discovery, dan lembar observasi afektif dan psikomotorik siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran serta tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda terdiri dari 15 pertanyaan yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat praktikum berbasis discovery yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Pan p |
Keywords: | Alat praktikum; Discovery; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:20 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1733 |