Silvia, Beby (2012) PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP PGRI 8 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311010 Cover.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
308311010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
308311010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
308311010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
308311010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
308311010 Bab I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
308311010 Bab V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
308311010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII Semester Ganjil di SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2011/2012. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan yang berjumlah 155 orang. Sampel dari penelitian ini adalah 20% orang dari seluruh jumlah populasi (total sampling) yaitu dengan jumlah 31 orang. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu dilakukan observasiatau pengamatan secara langsung kepada objek yang di teliti dalam hal ini peneliti mengadakan metode observasi langsung ke SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan. Pada penelitian ini teknik analisisdata yang dipakai adalah rumus regresi linier. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien determinasi antara variabel X dan variabel Y diketahui bahwa rhitung sebesar 0,613. Apabila inidibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 31 orang maka rtabel sebesar 0,355. Berdasarkan ketentuan apabila nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (rhitung > rtabel) atau 0,613 > 0,355 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa padadi SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan.Apabila nilai tersebut dibuat dalam persen (%) menjadi 0,613 x 100 = 61,3%. Hal ini berarti besar pengaruh sosial ekonomi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP PGRI 9Percut Sei Tuan, sisanya 38,7% ditentukan oleh faktor lain diantaranya faktor internal yaitu faktor yang berasal dalam diri siswa dalam mengikuti pelajaran yang mana dalam suatu kondisifisik yang sehat tentu saja akan lebih bersemangat dalam proses belajar mengajar di dalam kelas pada suatu materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sil p |
Keywords: | Orangtua; Keluarga; Sosial ekonomi; Prestasi belajar; Minat belajar; Pendidikan kewarganegaraan; |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17324 |