Elvi (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SMP NEGERI2 BAHOROK TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308111035 Cover.pdf - Published Version
Download (0B)
308111035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
308111035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
308111035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
308111035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
308111035 Bab I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
308111035 Bab V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
308111035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan pada mata pelajaran PKn Kelas VIII Semester Genap SMP 2 Bahorok dan untuk mengetahui manfaat menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PKn. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, mengidentifikasi dan analisis pengolahan data, serta membuat kesimpulan dan laporan dengan tujuan utama mendapatkan suatu keadaan secara objektif .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di kelas VIII SMP 2 Bahorok yang terdiri dari 3 kelas. Adapun jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 100 orang. Dengan melihat jumlah populasi yang jumlahnya 100 orang siswa. Jadi, dalam menentukan sampel penulis menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling) sehingga sampel dari penelitian ini yang dianggap dapat mewakili populasi yaitu sebanyak 32 orang yaitu dari kelas VIII-B.Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan test pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dengan menggunakan rumus tabel frekuensi penulis menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat baik dan dapat memotivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan pada siswa SMP Negeri 2 Bahorok Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Elv p |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Motivasi belajar; Strategi pembelajaran; Contextual and teaching learning; Guru; Siswa |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17323 |