Saragih, Ida Sastrayani (2012) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS DI KELAS X SMAN 2 PEMATANGSIANTAR). Undergraduate thesis, UNIMED.
308111049 Cover.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
308111049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
308111049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
308111049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
308111049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
308111049 Bab I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
308111049 Bab V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
308111049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 Kelas X SMAN 2 Pematangsiantar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situsi sekarang yang akan dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket, dan studi dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar yang berjumlah 324 orang dan sampel yang digunakan adalah 2 dari 9 kelas, yang ditetapkan dengan bertujuan (Purposive Sampling). Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan dalam variabel x dan y, digunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kedisplinan berpengaruh kepada prestasi belajar siswa. Hal ini sesuai dengan hasil yaitu harga kritik “r” table dengan n =40 pada taraf kepercayaan 5% sebesar 0,312 sedangakan harga koefisien korelasi kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar yaitu sebesar 0,595. Berdasarkan hasil tersebut yaitu harga kritik “r” hitung lebih besar dari harga kritik “r” table (0,595 > 0,312) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesisi dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sar p |
Keywords: | Kedisiplinan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17315 |