Artina, Seri (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINNING (SFAE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMAN 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 309111067 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
NIM 309111067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
NIM 309111067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 309111067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM 309111067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
NIM 309111067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 309111067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 309111067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 309111067 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
NIM 309111067 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM 309111067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penggunaan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainning (SFAE) ini diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah 227 siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan.Sampel pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 9 Medan.Peneliti menggunakan purposive sampling.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal siklus, observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Dalam penelitian ini diperoleh data bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini ditandai adanya 45% peningkatan persentase kriteria ketuntasan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan siklus I yakni 22,5% dan 67,5% siklus II serta peningkatan persentase keseluruhan aspek aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 21,2% dari pelaksanaan tindakan siklus I yakni 46,6% dan 67,8% siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) efektif dalam menumbuhkan minat siswa pada proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Art e |
Keywords: | Pendidikan; Model pembelajaran; Student facilitator and explamming; Minat belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17263 |