Sinaga, Renata Dumasari (2013) PENGARUH METODE BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA SWASTA KARTIKA 1-4 PEMATANGSIANTAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 309111057 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 309111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 309111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 309111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 309111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM. 309111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM. 309111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM. 309111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM. 309111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 309111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA swasta Kartika I-4 Pematangsiantar semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif .Penulis mengambil lokasi penelitian di SMA swasta Kartika I-4 Pematangsiantar. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari tiga kelas dan jumlahnya sebanyak 110 orang. Jadi dalam menentukan sampel diambil seluruh siswa kelas X-2 yang dianggap dapat mewakili populasi yaitu sebanyak 36 orang.Alat pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi.Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus korelasi product momen.Dari hasi penelitian diketahui bahwa metode belajar kelompok memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar.Dari hasil perhitungan didapat nilai r sebesar 0,490. Apabila dilihat dari rtabel, nilai rhitung tersebut lebih besar, dimana nilai rtabel sebesar 0,399. Jika rhitung > rtabel, maka terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Begitu juga dengan hasil uji “t” dimana thitung > ttabel yang artinya hipotesis altsernatif (Ha) dalam penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sin p |
Keywords: | Metode kerja kelompok; Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Hipotesis; Varibel penelitian. |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17258 |