Samosir, Suharni (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR PQ4RTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMPN1 MEREK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 309111072 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM 309111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
NIM 309111072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 309111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 309111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 309111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 309111072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 309111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 309111072 BAB I.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM 309111072 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM 309111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas stategi belajar PQ4Rterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMPN 1 MerekTahun pelajaran 2012/2013. Adapun metode penelitian yang digunakan penulisadalah metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untukmemperoleh data yang dibutuhkan adalah Test, Observasi, dan Wawancara.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian inidilaksanakan di SMPN 1 Merek kec. Merek Kab. Karo pada bulan Mei sampaibulan Juni 2013. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1Merek tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebanyak 160 orang, dan jumlah sampeldalam penelitian ini adalah 32 orang yang ditetapkan sebagai sampel penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat penguasaan siswa pada matapelajaran PKn materi pokok kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahanIndonesia di kelas VIII-5 SMPN 1 Merek dengan penerapan strategi belajar PQ4Rmengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan mulaidari rata-rata nilai pre test adalah 66,2 dikategorikan belum tuntas. Setelah pre testditerapkan strategi belajar PQ4R dan diakhiri dengan pemberian post test I dengannilai rata-rata menjadi 71,8 dan mengalami peningkatan sekitar 5,6 poin. Rata-ratanilai pada siklus I sudah dikategorikan dalam ketuntasan cukup kompeten dansudah mencapai tuntas KKM sekolah tetapi secara klasikal belum mencapaiketuntasan. Maka pada siklus berikutnya perlu dilakukan perbaikan yaitu padasiklus II diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar siswa 80,3 terjadipeningkatan sebesar 8,5 poin dan jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 28orang siswa dari 32 orang siswa (87,5%). Strategi belajar PQ4R efektif digunakandalam pembelajaran PKn dan peneliti berharap supaya guru mata pelajaran PKnkhususnya menggunakan strategi ini pada materi lain untuk meningkatkan hasilbelajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sam e |
Keywords: | Belajar; Strategi pembelajaran; PQNR; Langkah - langkah; Kelebihan dan kekurangan; Hasil beajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17256 |