Sinaga, Esa Mariana (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (MODEL TIM AHLI) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA METHODIST LUBUK PAKAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/20. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311023 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
308311023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
308311023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
308311023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
308311023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
308311023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
308311023 Bab I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
308311023 Bab V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
308311023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diuji dengan model pembelajaran Problem Based Introduction dan model pembelajaran Jigsaw (model tim ahli). Penelitian ini dilakukan di SMA Methodist Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh kelas X SMA Methodist Lubuk Pakam yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 160 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yaitu sebanyak 2 kelas yakni kelas X2 berjumlah 40 orang sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction dan kelas X4 berjumlah 40 orang sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw (model tim ahli). Jadi jumlah seluruh sampel adalah sebanyak 80 orang. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah dengan menggunakan metode kuantitatif karena dianalisis secara statistik sederhana. Hasil pemberian postest yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw (Model Tim ahli) sebesar 67,5 dengan standar deviasi 11,435. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) ialah sebesar 58,875 dengan standar deviasi 11,350. Hasil analisis data menunjukkan berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung  ttabel ( 3,395 1,994). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw (Model Tim ahli) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Methodist Lubuk Pakam Semester Genap Tahun pelajaran 2011-2012. Dimana hasil belajar PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw (Model Tim ahli) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sin p |
Keywords: | Problem Based Introduction (PBI); Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Dec 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17221 |