Zendrato, Febriani S (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081233310004 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
081233310004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
081233310004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
081233310004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
081233310004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
081233310004 Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
081233310004 Bab VI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
081233310004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Konvensional Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Materi Perairan Laut di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2012. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional, (2) Mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), dan (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan dua model yaitu pembelajaran Konvensional dan Kooperatif pada materi Perairan Laut Di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Beringin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 193 orang dan sekaligus menjadi sampel (random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan observasi tidak langsung, kemudian dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Konvensional memiliki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 64,73 (41,02%) siswa belum bisa mencapai KKM dan 58,98 % siswa yang telah mencapai KKM. Bila dihubungkan dengan kriteria ketuntasan klasikal (KKK) 75% maka hasil belajar siswa dikelas Konvensional pada materi perairan laut tidak tuntas. (2) Hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay memiliki rata – rata hasil belajar sebesar 77 (7,70%) siswa belum mencapai KKM dan 92,30% siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan pada materi perairan laut (65). Bila dihubungkan dengan kriteria ketuntasan klasikal (KKK) 75% maka hasil belajar siswa dikelas CRH pada materi perairan laut tuntas. (3) Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dan Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi Perairan Laut di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin T.A. 2011/2012. Hasil ini ditunjukkan dari hasil uji t bahwa thitung (24,1) > ttabel (1,99) dengan dk = 76 pada taraf α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Zen p |
Keywords: | Model Konvensional; Kooperatif; Perairan Laut |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17210 |