Gultom, Diana Astria (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136172021 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8136172021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 8136172021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8136172021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 8136172021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8136172021 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 8136172021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136172021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
12. NIM.8136172021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM.8136172021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung belum mengkonstruk pemikiran siswa. Adapun upaya yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran CTL berbasis konstruktivisme yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa (2) meningkatkan kemandirian belajar siswa (3) mengetahui aktivitas aktif siswa (4) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran (5) menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Immanuel Medan. Subjek Penelitian kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 32 orang. Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan model CTL untuk mengetahui meningkatnya kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari 8 pertemuan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan pada siklus I terdapat 25 siswa atau 78,1% nilai terendah siswa yakni 2,33 sedangkan untuk nilai ketuntasan memiliki nilai minimal 2,67. Pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa atau 93,75%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 15,65%. Sedangkan pretes komunikasi matematik diperoleh 12,5% atau nilai 2,11 dengan 4 siswa yang dinyatakan tuntas. Pada postes diperoleh 97% atau nilai 3,54. Sehingga terjadi peningkatan 84,5%. (2) meningkatnya kemandirian siswa, hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan pada siklus 1 terdapat persentase terendah 33,13% memiliki dan persentase tertinggi 38,73%. Pada siklus II diperoleh persentase terendah sebesar 68,97% dan tertinggi 89,84%. Sehingga terjadi peningkatan untuk kemandirian siswa sebesar 51,11%. (3) Aktifitas aktif siswa pada siklus I terdapat 5 kriteria pengamatan yang memiliki nilai rata – rata 3,42, pada siklus II terdapat 5 kriteria pengamatan yang memiliki nilai rata – rata 4,81. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 1,39. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian siswa lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Gul i |
Keywords: | Kemampuan komunikasi; Kemandirian siswa; Model pembelajaran CTL berbasis konstruktivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 07:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17153 |