ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 5 BINJAI

Khairunnisa. (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3123331031.COVER.pdf]
Preview
Text
3123331031.COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
3123331031.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3123331031.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3123331031.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3123331031.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
3123331031.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
3123331031.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
3123331031.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.BAB 1.pdf]
Preview
Text
3123331031.BAB 1.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.BAB VI.pdf]
Preview
Text
3123331031.BAB VI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 3123331031.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
3123331031.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui (1) Kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Binjai. (2) Mengetahui Kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Binjai.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2016 di SMP Negeri 5 Binjai Kota Binjai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru IPS Terpadu SMP Negeri 5 Binjai yang berjumlah 6 orang mengingat jumlah populasi pada penelitian ini relative kecil maka sekaligus di jadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar Observasi, wawancara dan studi dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan Guru dalam Perencanaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Binjai masuk dalam kriteria kategori sangat baik dikarenakan ke 6 responden guru memiliki nilai rata-rata 95.2 %, nilai terendah 92.8%, dan yang tertinggi 96.8% pada perencanaan pembelajaran. (2) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan lembar observasi APKG II bahwa seluruh guru IPS yang telah melaksanakan pembelajaran dengan nilai rata-rata dari ke enam guru adalah 83.3% dengan kategori Baik. Hasil wawancara menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dikelas belum terlaksanakan 100% dengan rancangan rencana pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru Guru IPS Terpadu SMP Negeri 5 Binjai menunjukan bahwa analisis pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu yang telah dilaksanakan termasuk dengan kategori Baik hingga sangat baik dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 GEO 063
Keywords: Pembelajaran;IPS;SMP
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:04
Last Modified: 05 Sep 2016 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item
View Item