Suheri, Eko (2015) PEMANFAATAN LAGU-LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK IPAC CHANDRA KUSUMA SCHOOL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 2101142009 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM. 2101142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
NIM. 2101142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
NIM. 2101142009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM. 2101142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 2101142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 2101142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM. 2101142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
NIM. 2101142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM. 2101142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Dunia anak adalah dunia bermain dimana saja dan kapan saja, anak selalu menyempatkan diri mereka untuk bermain. Oleh karena itu penulis merasa penting untuk mengangkat judul skripsi ini, karena hal ini berhubungan langsung dengan masa depan setiap anak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan. (1) untuk mengetahui pembelajaran tematik, (2) untuk mengetahui metode yang digunakan, (3) untuk mengetahui hasil pembelajaran tematik menggunakan lagu-lagu anak, dan (4) untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengajar.Berdasarkan landasan teoritis, penelitian ini menjelaskan teori pemanfaatan media pembelajaran yang perlu diatur dan dirancang dengan sebaik-baiknya, teori lagu-lagu anak yang menjelaskan lagu anak merupakan bentuk pernyataan atau pesan yang memiliki daya menggerakkan hati, teori tematik yang menjelaskan tematik adalah sebuah model pembelajaran kompleks dengan memadukan beberapa mata pelajaran dalam satu tema.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengajar dan siswa TK di IPAC Chanda Kusuma School. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan, observasi dan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data. Penelitian ini mengambil lokasi di TK IPAC Chandra Kusuma School Medan yang dilaksanakan bulan Maret 2015 sampai dengan Mei 2015.Setelah keseluruhan data telah di dapat, ditemukan hasil pemanfaatan pembelajaran tematik pada anak usia dini. Pembelajaran tematik adalah kegiatan mengajar dengan memadukan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah dan metode demonstrasi dengan cara menjelaskan lalu mempraktekkannya kepada anak. Hasil pembelajaran tematik yaitu membantu anak untuk berani mengeluarkan ekspresi mereka dalam hal bernyanyi, menari dan mengeluarkan pendapat. Kendala yang dihadapi pengajar adanya perbedaan tingkat kecerdasan antara anak yang satu dengan yang lain dan kurang efektifnya waktu pembelajaran karena hanya tersedia setengah jam dalam sekali pertemuan. Lagu-lagu anak dalam kegiatan pembelajaan digunakan sebagai alat komunikasi yang sangat baik karena mampu merangsang setiap aspek motorik pada anak seperti bergerak, tertawa, bermain dan menyanyikan lagu Di dalam syair yang terdapat pada lagu anak juga membawa pesan mendalam, teladan dan nasihat bagi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 006 |
Keywords: | Pemanfaatan; lagu-lagu anak; pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17095 |