H, Sally Marcelina (2014) MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH VOKAL WAJIB I DI PRODI SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209342063 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
209342063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209342063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209342063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
209342063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
209342063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
209342063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
209342063 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
209342063 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
209342063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran yang diterapkan pada mata kuliah vokal wajib I di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.Lokasi penelitian di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah vokal wajib I yang berjumlah 57 orang dan mengambil sampel sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah keseluruhan data terkumpul dari lokasi penelitian, kemudian data tersebut dianalisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yang dideskripsikan secara bertahap dalam bentuk tulisan (karya ilmiah), kemudian diklasifikasikan secara sesuai isi atau materi masing – masing data yang diarahkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa model pembelajaran yang diterapkan pada mata kuliah vokal wajib I adalah model pembelajaran klasikal. Model pembelajaran yang harus lebih memperhatikan perbedaan individual, yaitu dosen dengan sadar memaksa dirinya memberi perhatian kepada setiap anak secara individual di dalam kelas, karena tidak semua para peserta didik vokal wajib I memiliki suara yang bagus dan pengetahuan yang sama. Model pembelajaran klasikal pada kelas mata kuliah vokal wajib I melingkupi pembelajaran kelompok dan individual yang masing – masing kelompok berbeda - beda dalam menyanyikan lagu – lagu yang ada pada diktat mata kuliah. Karena model pembelajaran klasikal ini adalah model pembelajaran yang menyenangkan, jadi dosen selalu memberikan strategi pembelajaran yang baik, agar proses pembelajaran tidak membosankan dan tetap memacu minat belajar para peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 782.08 Hut m |
Keywords: | Modal Pembelajaran; Vokal Wajib I; Pelatihan Vokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17050 |