Tampubolon, Rameyanti (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136175103 COVER .pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 8136175103 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 8136175013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8136175013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM. 8136175013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8136175013 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8136175013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136175013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8136175013 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 8136175013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 8136175013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas, respon, dan hasil belajar siswa pada materi fluida statis berbasis inkuiri berdasarkan standart BSNP.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA2 SMA Swasta PRIMBANA Medan pada bulan Maret – April 2015 dengan jumlah siswa 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu 1)menggunakan lembar validasi bahan ajar berupa angket yang divalidkan oleh tim ahli, 2)lembar penilaian respon siswa berupa angket, 3)lembar observasi aktivitas siswa yaitu psikomotorik dan afektif yang dinilai oleh 2 guru, 4) soal yang disusun dan telah divalidkan berupa 5 pertanyaan setiap pertemuan.
Dari hasil penelitian diperoleh: Ada peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis Inkuiri pada materi Fluida Statis, yaitu pada pertemuan pertama diperoleh 67,50 dengan kategori “cukup aktif”, pertemuan kedua diperoleh 79,58 dengan kategori “aktif”, dan pertemuan ketiga diperoleh 88,85 dengan kategori “sangat aktif”. Ada peni\ngkatan respon belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis Inkuiri pada materi Fluida Statis, pada pertemuan pertama diperoleh 59,24 dengan kategori “cukup baik”, pertemuan kedua diperoleh 77,99 dengan kategori “baik”, dan pada pertemuan ketiga diperoleh 84,091 dengan kategori “sangat baik”. Ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis Inkuiri pada materi Fluida Statis. Hasil belajar siswa dilakukan gain ternormalisasi yaitu gain pertama sebesar 0,336 kategori “sedang”, gain kedua sebesa 0,432 kategori “sedang”, dan gain ketiga sebesar 0,792 kategori “tinggi”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Tam p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar fisika berbasis inkuiri; Sumber belajar; Bahan ajar; Modul pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 04:10 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1703 |