Amelia, Lina (2015) PENGARUH METODE KINDERGARTEN WATCHING SIAGA BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP STIMULASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI TK SYEIKH ABDURRAUF BLANG OI BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126182018 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8126182018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. NIM. 8126182018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 8126182018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 8126182018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 8126182018 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8126182018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126182018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8126182018 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM. 8126182018 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 8126182018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Pelaksanaan metode Kindergarten watching Siaga Bencana Gempa Bumi dapat diterapkan oleh pendidik anak usia dini di TK Syekh Abdurrauf Blang Oi Banda Aceh, (b) Metode Kindergarten watching Siaga Bencana Gempa Bumi mampu memberikan pengaruh terhadap kecerdasan Visual Spasial dan kinestetik anak di TK Syekh Abdurrauf Blang Oi Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and development/ R & D) 4-D ( define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini diadakan di TK Syekh Abdurrauf Blang Oi dengan populasi dan sampel penelitiannya adalah TK B sejumlah 38 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan lebih yaitu dimulai dengan survey awal ke sekolah dan diskusi instrument dengan guru dan uji coba instrument oktober, penelitiannya di bulan 17-22 November 2014,dilanjutkan lagi tanggal 6-10 januari 2015 terakhir pengolahan data dilakukan di bulan Januari – Februari 2015. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test informal untuk anak, lembar observasi kemampuan visual spasial anak, lembar observasi guru dan lembar kesan guru.teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan rumus statistic , dalam penelitian ini karena sampelnya tunggal maka dipakai rumus uji t untuk kelompok tunggal. Berdasarkan dari hasil perhitungan maka nilai t hitung diperoleh 8,070 sedangkan nilai t tabel adalah 2,028 sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel t hitung > t tabel , 8,070 > 2,028 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kindergarden watching terhadap stimulasi kecerdasan visual spasial dan kinestetik anak. Data ini juga diperkuat dengan hasil observasi anak yang lebih banyak memrikan respon positif daripada respon negatif. secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa anak yang memberikan respon positif berjumlah 32 orang dari 38 anak ( 84,21%) dan respon negatif 6 orang dari 38 anak (15,79%)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.218 Ame p |
Keywords: | Metode kindergarten watching; Kecerdasan visual spasial dan kinestetik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 02:40 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1698 |