Situmorang, Dormalum H. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
abstrak.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
bab 1.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
bab 5.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran sinektik dan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari 34 orang siswa kelas X untuk penggunaan model pembelajaran sinektik dan 33 orang siswa kelas X untuk penggunaan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif digunakan tes bentuk uraian yang berjumlah 8 soal dan lembar observasi untuk penilaian produk makrame oleh siswa. Sedangkan pengelompokkan gaya konitif siswa diberikan test gaya kognitif yang diadaptasi dari Philip K. Oltman, Eveeln, dan Herman A. Witkin yang disebut dengan Group Embedded Figured Test (GEFT). Metode penelitian menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran sinektik (X ̅ = 85,32 ) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (X ̅= 81,76), dengan F hitung = 4,42 > F tabel = 3,99, (2) keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya kognitif fied independent ( X ̅ = 87,88) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent ( X ̅ = 79,26), dengan F hitung = 26,53 > F tabel = 3,99, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan F hitung = 7,51 > F tabel = 3,99. Perhitungan uji lanjut menggunakan uji Scheffe menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara: (1) rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya kognitif field independent ( X ̅ = 91,94) dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent ( X ̅ = 78,71) pada model pembelajaran sinektik, (2) rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya kognitif field independent (X ̅ = 83,81) dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent ( X ̅ = 79,82) pada model pembelajaran langsung, (3) rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik ( X ̅ = 91,94) dengan siswa yang yang memiliki gaya kognitif field dependent yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (X ̅ = 79,82), (4) rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang diajarkan model pembelajaran langsung (X ̅ = 83,81) dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik (X ̅ = 78,71).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sit p |
Keywords: | Model pembelajaran; Keterampilan berfikir; Gaya kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 08:31 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1695 |