Darniati, Finta Restu (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMPS GALIH AGUNG DAN MTS DARUL ARAFAH DELI SERDANG SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1 JUDUL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Bab I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13 Bab V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan dengan strategi Picture and Picture dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan dengan Cooperative Script. (2) Mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian rendah. (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPS Galih Agung terdiri dari delapan kelas (1a – 1h) dan siswa kelas VII MTS Darul Arafah yang terdiri dari sepuluh kelas (1a – 1j). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara undi (Cluster Random Sampling). Sampel penelitian dipilih kelas VII-c (30 orang) dan VII-a (32 orang) yang akan menggunakan strategi Picture and Picture pada SMPS Galih Agung dan kelas VII-a (30 orang) dan kelas VII-e (34 orang) untuk MTS Darul Arafah yang akan menggunakan strategi Cooperative Script pada saat proses belajar berlangsung. Instrument penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda, sedangkan untuk mendapatkan data tentang kemandirian siswa digunakan angket. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Picture and Picture X ̅ = 29 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Cooperative Script X ̅ = 27, dengan Fhitung 17.89 > Ftabel = 4.00, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi X ̅ = 29.90 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah X ̅ = 35.53 dengan Fhitung 17.89 > Ftabel = 4.00. dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan Fhitung 9.26 > Ftabel = 4.00.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik kemandirian tinggi adalah strategi pembelajaran Picture and Picture sedangkan siswa dengan tingkat kemandirian rendah, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Cooperative Script. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Bahasa Inggris yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kemandirian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 420.071 Dar p |
Keywords: | Hakikat belajar; Pembelajaran bahasa inggris; Strategi pembelajaran; Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 07:42 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1690 |