Lumban Gaol, Rusti (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
8126122041 Judul.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8126122041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
8126122041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8126122041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8126122041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8126122041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8126122041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8126122041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8126122041 Bab I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
8126122041 Bab V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8126122041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium dengan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran eksperimen laboratorium, (2) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika dari siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi, (3) siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, yang diberi strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium memiliki perbedaan hasil belajar fisika dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium, dan (4) siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, yang diberikan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium memiliki perbedaan hasil belajar fisika dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium.
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi kelas IX semester genap tahun ajaran 2013/2014 terhadap hasil belajar Fisika. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan kemampuan numerik siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 28 untuk eksperimen dan 31 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen treatment by level dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe.
Temuan penelitian menunjukkan (1) hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran eksperimen laboratorium pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 17,40 dan Ftabel = 4,02 untuk taraf signifikansi 5 % Fhitung > Ftabel = 17,40 > 4,02. Dengan Uji lanjut Scheefe diperoleh Fh sebesar 11,62 dan Ftabel = 4,00 untuk taraf signifikansi 5 % Fhitung > Ftabel = 11,62 > 4,00. Maka secara keseluruhan siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi yang mengikuti strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium, (2) besarnya rata-rata hasil belajar fisika untuk setiap kelompok pembelajaran adalah sebagai berikut, untuk X ̅simKT = 34,57 dan X ̅simKR = 28,57 sedangkan X ̅PlabKT = 28,25 X ̅labPR = 32,00 Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 dengan treatment by level diperoleh hasil perhitungan Fh = 182,34 dan harga tabel Ft = 4,02 pada taraf kepercayaan α = 0,05 dengan dk = (1,57) adalah Ft(0,05)(1,57) = 4,02 sehingga dapat dinyatakan Fh(182,34) > Ft(4,02), maka hipotesis yang dirumuskan, terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika dari siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi telah teruji kebenarannya pada taraf signifikansi 0,05 dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf kepercayaan 0,05, (3) hasil perhitungan analisis varians tentang perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi dengan penerapan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium rata-rata sebesar 34,57 dan untuk strategi pembelajaran eksperimen laboratorium rata-rata adalah 28,25. Hasil perhitungan menggunakan Uji Scheffe Fh = 24,57 dan Ftabel = 4,17, maka Fh(24,57) > Ft(4,17). Dengan demikian temuan penelitian menyimpulkan, bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, yang diberi strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium lebih tinggi dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium, telah teruji kebenarannya sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak., (4) hasil perhitungan analisis varians tentang perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah dengan penerapan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium rata-rata sebesar 28,57 dan untuk strategi pembelajaran eksperimen laboratorium adalah rata-rata 32,00. Hasil perhitungan menggunakan Uji Scheeffe Fh = 12,70 dan Ftabel = 4,18, maka Fh(12,70) > Ft(4,17). Dengan demikian temuan penelitian menyimpulkan, bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, yang diberikan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium lebih tinggi dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium, telah teruji kebenarannya sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar fisika, maka semakin tinggi hasil belajar fisika siswa, atau semakin tinggi kemampuan numerik siswa dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan numerik akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasi belajar fisika dibandingkan dengan kemampuan numerik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Lum p |
Keywords: | Hakikat belajar; Pembelajaran fisika; Strategi pembelajaran; Kemampuan numerik; Simulasi komputer; Laboratotium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:07 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1687 |