Rahayu, Sri (2015) Upaya Meningkatkan KecerdasanKinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Dan Lagu Di PAUDAnanda Medan Amplas T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113313020 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
1113313020 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1113313020 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113313020 - COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113313020 - BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
1113313020 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1113313020 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113313020 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113313020 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1113313020 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Gerak dan lagu adalah bernyanyi dan gerak tubuh yang dapatmempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf yang membantu anak untuklebih meningkatkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangankognitif, bahasa dan emosionalnya saja tetapi juga pada pengembangan senidan fisik anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasankinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di PAUD AnandaMedan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan PenelitianTindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasankinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas T.A2014/2015. Subjek Penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 25orang ( 14 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan ). Sedangkanteknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasifoto. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif.Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Hasil analisis datasetelah diberikan tindakan 1 yaitu melalui gerak dan lagu adalah terdapat 4orang anak (16%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 10 orang anak(40%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan 11 orang anak (44%)yang memiliki kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus I kecerdasankinestetik rata-rata 1,74. Hasil analisis data pada siklus II dari 25 orang anakterdapat 18 orang anak (72%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 7orang anak (28%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan tidak adayang memperoleh kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus II inikecerdasan kinestetik rata-rata 2,68.Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang positif bahwa dengangerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6tahun di PAUD Ananda Medan Amplas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rah u |
Keywords: | Kecerdasan ;Kinestetik, Gerak;Lagu |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16752 |