Nurmasdalifah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI JALAN KAKAP MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121034 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8126121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM. 8126121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 8126121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 8126121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8126121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 8126121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8126121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8126121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13. NIM. 8126121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM. 8126121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif number head together dan model pembelajaran kooperatif two stay twoo stray, (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang yang berasa dari kelas IV SD Negeri Jalan Kakap Medan. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kecerdasan interpersonal untuk membedakan jenis kecerdasan interpersonal yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Hasil yang diperoleh dari 36 soal yang diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif two stay two stray lebih baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif numbered head together. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 32,15 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar matematika lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,67 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,77 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan model pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan kecerdasan interpersonal siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nur p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Kecerdasan interpersonal; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 09:31 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1672 |