Irwan, Nova (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAMWORK SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK FARMASI APIPSU T.A. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
8126175012 Judul.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8126175012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8126175012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8126175012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8126175012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8126175012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8126175012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8126175012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8126175012 Bab I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
8126175012 Bab V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8126175012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran Direct Instruction. Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di bawah rata-rata dengan di atas rata-rata. Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Farmasi Apipsu Medan. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan insrumen observasi teamwok skills yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar fisika pada model kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dibandingkan model direct interuction. Hasil belajar fisika pada kelompok siswa yang memiliki tingkat teamwork skills di atas rata-rata lebih tinggi dibandingkan di bawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sangat baik diterapkan pada kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di atas rata-rata. Sedangkan pada model direct interuction tidak perlu memperhatikan teamwork skills.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 1 Irw e |
Keywords: | Group investigation; Teamwork skills; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:26 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1669 |