Pandiangan, Windu Supardi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PPKN SISWA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA KELAS XI IPS 1 KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111072 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 3113111072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 3113111072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 3113111072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 3113111072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 3113111072 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3113111072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 3113111072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 3113111072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM. 3113111072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 3113111072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar pengetahuan PPKn siswa dengan metode pembelajaran Problem solving dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangu purba tahun ajaran 2014/205. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangun Purba yang terdiri dari 6 kelasdan berjumlah 180 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 28 siswa. Penentuan sampel tersebut dilakukan dengan menggunakan cara sampling purposive.
Hasil penelitian pada pre test menunjukan bahwa jumlah presentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 7,14%. Kemudian setelah dilaksanakannya siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 46,43%. Selanjutnya pada siklus II dengan mennerapkan metode problem solving, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal semakin meningkat hingga mencapai 89,29%.
Disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba tahun ajaran 2014-2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 PKn 095 |
Keywords: | PKn; Metode Problem Solving; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:24 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1668 |