Mahdina, Gebby (2015) ANALISIS KARYA GAMBAR ANAK KELAS III SD NEGERI 165723 TEBING TINGGI BERDASARKAN TEORI PERKEMBANGAN ANAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2018351011 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
208351011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
208351011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
208351011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208351011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
208351011 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208351011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
208351011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
208351011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
208351011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
208351011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 165723 Jalan Asrama Kodim Kel. Persiakan Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi yang bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan hasil kretivitas karya murid dalam menggunakan media menggambar dan mewarnai yang mereka pakai. Dalam Penilaian karya setiap murid dalam menggambar dilihat berdasarkan karakteristik tahap realisme awal yaitu kejelasan bentuk, menyerupai kenyataan, kesadaran perspektif, kerincian gambar, keseimbangan, dan irama.Teknik pengambilan sampel karya penelitian ini adalah total sampling, yaitu keseluruhan karya kelas III yang berjumlah 35 orang. Jadi penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Setiap murid memiliki satu karya yang akan diteliti.Analisis data dilakukan dengan cara mengamati setiap gambar murid yaitu menguji kesesuaian gambar tersebut terhadap contoh gambaran anak terhadap tahap realisme awal dalam teori perkembangan anak.Dari penelitian yang dilakukan secara keseluruhan berdasarkan pengamatan aspek-aspek yang dianalisis pada murid kelas III SD 165723 Tebing Tinggi dapat diketahui bahwa karya gambar dengan kategori sangat sesuai dengan kriteria realisme awal berjumlah 10 gambar. Kategori sesuai 15 gambar, kategori kurang sesuai 10 gambar. Sedangkan untuk gambar murid dengan kategori tidak sesuai sama sekali tidak ada ditemukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 RUPA 019 |
Keywords: | Karya Gambar; Teori Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 10:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16637 |