Mahyana, Leni (2015) PENGARUH METODE GAMBAR BERBASIS HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS II SD NURUL ILMI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101151008 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2101151008 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2101151008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2101151008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2101151008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2101151008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2101151008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2101151008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2101151008 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
2101151008 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2101151008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penulisan skripsi bertujuan utuk membuktikan ada Pengaruh Metode Gambar Berbasis Huruf Terhadap Hasil Belajar Menggambar kelas II SD Nurul Ilmi T.a 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Swasta Nurul Ilmi yang terdiri dari 3 kelas. Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Berbasis Huruf Terhadap Gambar Siswa Kelas II SD Nurul Ilmi maka peneliti melakukan tes awal terlebih dahulu pada sampel yang sudah ditentukan untuk mengetahui kemampuan masing- masing siswa menggambar.Dari hasil tes awal yang dilakukan sebelum diberi perlakuan didapat hasil kemampuan masing-masing siswa dalam menggambar masih dalam kategori kurang dan cukup, hal itu dapat terlihat dalam indikator-indikator mewarnai dan kreativitas pengembangan dalam menggambar, sebagai berikut : 1).Dari 22 siswa 5 orang siswa mendapat nilai 60-69 yaitu berada pada kategori kurang, 2). Dari 22 siswa 11 orang siswa mendapat nilai 70-78 yaitu berada pada kategori cukup. 3). Dari 22 siswa 6 orang siswa mendapat nilai 80-89 yaitu berada pada kategori baik. 4). Untuk nilai 90-100 pada kategori sangat baik 0 siswa. Dari hasil penelitian pre-test dan pos-test melalui metode pembelajaran menggambar berbasis diperoleh data-data pos-test siswa sebagai berikut: 1). Dari 22 siswa 1 orang siswa mendapat nilai 60-69 yaitu berada pada kategori kurang. 2). Dari 22 siswa 3 orang siswa mendapat nilai 70-79 yaitu berada pada kategori cukup. 3). Dari 22 siswa 18 orang siswa mendapat nilai 80-89 yaitu berada pada kategori baik. 4). Untuk nilai 90-100 pada kategori sangat baik 1 siswa. Uji statistik dengan t-tes untuk data pretest dan postest diperoleh (54,54). Uji hipotesis dengan t-tes diperoleh (2,0026).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 743.071 2 Mah p |
Keywords: | Metode Gambar; Berbasis Huruf; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16615 |