Ginting, Dedi Roy J M (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR CETAK SABLON DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209351005 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
209351005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
209351005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
209351005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209351005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
209351005 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209351005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209351005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
209351005 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
209351005 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
209351005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mencetak sablon di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan menerapkan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan jumlah siswa seluruhnya 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dikeranakan menemukan masalah dalam diri siswa yaitu rasa bosan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi cetak sablon. Di dalam proses pembelajaran siswa tidak dapat mengembangkan kreativitasnya, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tersebut sangat rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah dikarenakan guru bidang studi hanya menerapkan sistem pembelajaran yang konvensional yaitu dengan metode ceramah. Hal ini membuat proses belajar mengajar menjadi monoton dan membosankan bagi peserta didik terutama pada materi cetak sablon. Dari hasil penilaian karya siswa menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi cetak sablon. Hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 72,00 dengan siswa yang tuntas belajar 19 orang siswa (59,00%) dari 32 orang siswa. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,12 dengan siswa yang mengalami tuntas belajar adalah 28 orang siswa (88,00%) dari 32 orang siswa. Berdasarkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuala pada materi cetak sablon dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 686.231 071 2 Gin p |
Keywords: | Hasil Belajar; Cetak Sablon; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16613 |