Yovina, Vini (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3112111010 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 3112111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM. 3112111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 3112111010 PREFACE .pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 3112111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 3112111010 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 3112111010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 3112111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 3112111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 3112111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 3112111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Selesai tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Selesai yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 319 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 yang terdiri dari 35 siswa. Penentuan sampel tersebut dilakukan dengan menggunakan cara purposive sampling.
Hasil penelitian pada pre test menunjukkan bahwa jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 17,14%. Kemudian setelah dilaksanakannya siklus I dengan menerapkan model pembelajaran group investigation, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 65,71%. Selanjutnya pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran group investigation, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal semakin meningkat hingga mencapai 91,43%.
Disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 PKn 101 |
Keywords: | Model Pembelajaran; PKn; Group Investigation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 07:04 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1660 |