Syafitri, Vivi (2014) PENGARUH TES BENTUK TEKA-TEKI SILANG (TTS)TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA NUSANTARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209151028 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
209151028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
209151028 KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
209151028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
209151028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
209151028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
209151028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
209151028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
209151028 BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
209151028 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209151028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tes bentuk Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar seni rupa Nusantara pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipispis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seleuruh siswa kelas X yang berjumlah 4 kelas yakni sebanyak 130 siswa. Sampel diambil secara random sampling (acak) sebanyak 64 siswa yaitu kelas X-A dan X-B. Pada kelas X-A dilakukan dengan pemberian tes TTS (Eksperimen) dan pada kelas X-B dilakukan dengan pemberian tes pilihan ganda (Kontrol). Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistic t. hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Eksperimen diperoleh 72,438 dengan standar deviasi 5,174 dan nilai rata-rata pretes kelas Kontrol diperoleh 71,250 dengan standar deviasi 5,697. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf α = 0,05 diperoleh 0,895 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan tafar α = 0,05 diperoleh 1,669.Oleh karena thitung < ttabel maka hipotesis Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol pada pokok bahasan seni rupa Nusantara. Sedangkan hasil post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pemberian tes TTS diperoleh 88,125 dengan standar deviasi 5,229dan hasil belajar siswa yang diberi tes Pilihan Ganda diperoleh nilai rata-rata 83,875 dengan standar deviasi 26,306. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diberi tes TTS lebih baik daripada siswa yang diberi tes Pilihan Ganda. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf α = 0,05 diperoleh 3,36 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan taraf α = 0,05 diperoleh 1,66.Oleh karena itu thitung > ttabel, maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif tes bentuk teka-Teki silang (TTS) terhadap hasil belajar siswa seni rupa Nusantara pada siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sipispis kabupaten Serdang Bedagai tahun pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 740.71 Sya p |
Keywords: | Belajar; Budaya rupa prasejarah; Budaya bubu tua. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16578 |