Karo, Falentina Febrina Br (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELUKIS TEKNIK AQUAREL MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XII IS 3 SMA NEGERI I BERASTAGI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209351006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 209351006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 209351006. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 209351006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 209351006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 209351006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 209351006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 209351006 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 209351006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. NIM. 209351006 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
11. NIM. 209351006 BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
15. NIM. 209351006 BAB V.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
16. NIM. 209351006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalammelukis teknik aquarel di kelas XII IS 3 SMA Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan melukis teknik aquarel di kelas XII IS 3 di SMA Negeri 1 Berastagi. Denganmenggunakan metode demonstrasi.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi, kelas XII IS 3 yang berjumlah 29 orang siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan hasil belajar, instrumen tersebut merupakan tes membuat lukisan buah teknik aquarel. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pre tes diperoleh sebanyak 7 orang siswa (24,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 64,1 yang kemudian meningkat pada siklus I diperoleh sebanyak 10 orang siswa (34,5%) yang tuntas, dengan nilai rata-rata 70,13. Dan mengalami peningkatan pada saat siklus II menjadi 27 orang siswa (93,1%) yang tuntas dan nilai rata-rata sebesar (81,9%). Peningkatan aktivitas siswa terlihat sebagai berikut : pada siklus I rata-ratadari jumlah seluruh aspek yang diamati adalah 60,8%, pada siklus II jumlah ratarata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi pembelajaran melukis teknik aquarel di kelas XII IS 3 SMANegeri 1 Berastagi TA 2013/2014.Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis penelitian yang berbunyi: dengan diterapkan metode demonstrasi dalam melukis teknik aquarel, khususnya lukis buah dapat meningkatkan hasil belajar melukis buah teknik aquarel siswa kelasXII IS 3 SMA Negeri 1 Berastagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 740.71 Kar u |
Keywords: | Melukis; Teknik aquarel; Garis; Tekstur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16575 |