Nusantara, Bringin (2014) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CERITA BERTEMA DI KELAS VIII SEMESTER 1 SMP PARULIAN 1 MEDAN T.A. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209451002 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
209451002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
209451002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
209151031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
209451002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
209151031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209151031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209151031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209451002 BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
209451002 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209451002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar menggambar cerita bertema pada siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 60 karya siswa. Instrument penelitian menggunakan tes menggambar cerita bertema. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Hasil uji persyaratanan alisis pada uji normalitas data pretest pada kelompok eksperimen yang diajar dengan metode inkuiri diperoleh Lo = 0,0454<L tabel = 0, 187 sesuai dengan kriteria pengujian normalitas dengan teknik liliefors, data berasal dari populasi berdistribusi normal, sedangkan untuk pretest pada kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional diperoleh Lo = 0,0505<L tabel=0,187 data ini juga berasal dari populasi berdistribusi normal. Pada uji normalitas data posttest pada kelas eksperimen diperoleh Lo = 0,0207<Ltabel = 1,87 data posttest dari kelas control diperoleh Lo = 0,0455<L tabel= 1,87 data ini berdistribusi normal. Pada uji persyaratan analisis uji homogenitas varians data pretest diperoleh F hitung= 1,07<F tabel = 1,87. Pada kriteria pengujian homogenitas varians sampel pretest kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas control berasal dari populasi yang homogen, sedangkan uji homogenitas data posttest diperoleh F hitung= 1,23<F tabel = 1,87 dan pada kriteria pengujian homogenitas varians sampel data posttest dari ke dua kelompok juga berasal dari populasi yang homogen. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,86>t tabel = 2,01 sehingga dapat disimpulkanbahwa ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar menggambar cerita bertema pada siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 780 Nus p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16535 |