Sihombing, Elly Hasnah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARIMELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (MATERI TORTOR HATASOPISIK) BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR KHALIPAH TAHUN PELAJARAN 2 013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209441002 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
209441002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
209441002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
209441002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
209441002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
209441002 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
209441002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209441002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
209441002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
209441002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
209441002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari (materi tortor hatasopisik) dengan menggunakan media audio visual pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalipah.Penelitian ini menggunakan beberapa teori dan pengertian sebagai landasan teori, diantaranya adalah landasan teori yang terdiri dari teori hasil belajar, pengertian seni tari, pengertian tortor dan pengertian media pembelajaran audio visual. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar seni (materi tortor hatasopisik) bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalipah Tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bandar Khalipah pada semester ganjil, berlokasi di Kabupaten Serdang Bedagai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalipah yang berjumlah 29 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar seni tari dengan media pembelajaran audio visual. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Hasil penelitian dalam siklus I pada praktek penguasaan tari yang dinilai dari unsur wiraga, wirama, wirasa dan harmonisasi menunjukan terdapat 15 siswa (48,27%) yang tuntas belajar dan 14 siswa (51,73%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 64,01. Frekwensi nilai yang sering muncul adalah 65 – 80. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar 27 siswa (93,10%) dan yang tidak tuntas tinggal 2 siswa (6,90%) dengan nilai rata-rata 81,00. Frekwensi nilai yang sering muncul mengalami peningkatan yaitu menjadi 65 – 90. Peningkatan ini dapat dilihat bahwa dengan menggunakan media audio visual siswa mampu menghapal setiap ragam gerak tortor hatasopisik dengan cepat, mengkordinasikan gerakan, menari dengan ketepatan tempo dengan musik, menari dengan ekspresi, menari bersama kelompok dengan keselarasan wiraga, wirama, wirasa dan harmonisasi. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran seni tari materi tortor hatasopisik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalipah Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 793.310 712 Sih m |
Keywords: | Tor-tor; Media Pembelajaran; Audio Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16467 |