Hutabarat, Wesly (2015) MENGUKUR KINERJA GURU PROFESIONAL. Moeka Publishing, Jakarta. ISBN 978-602-269-133-4
Cover.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Buku ini ditulis sebagai pedoman dalam rangka mengukur kinerja guruprofessional baik di sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas gunamembangun kinerja guru di tempat kerjanya. Dengan perkembangan teknologi informatika (technological information atau IT) dan internet yang sangat cepat memasuki dunia pendidikan, maka dapat dilihat betapa besarnya pengaruh IT dan Internet mempengaruhi dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran disemua tingkatan persekolahan di Indonesia. Peningkatan Kinerja guru dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sedikit banyaknyadipengaruhi perkembangan IT dan internet tersebut. Dengan masuknya IT dan internet ke dalam jejaring pendidikan dengan segera merubah budaya organisasi sekolah dari budaya non-IT ke budaya IT dimana siswa dibekali dengan pengetahuan internet untuk mengakses berbagai bidang studi ilmu pengetahuan terbau. Sehingga pengaruh budaya organisai sekolah mempengaruhi kinerja guru. Guru dituntut untuk dapat menggunakan internet secara tuntas agar dapat memberikan masukan bahan ajar terbaru kepada anak didik.Dengan dikembangkannya manajemen berbasis sekolah (MBS) di Indonesia sejak tahun 2001, maka struktur organisasi sekolah berubah dari struktur vertical Weber ke struktur horixontal MBS yang memberikan wewenang kepada guru, orang tua dan stakeholder untuk turut serta menentukan keputusan pengembangan sistem persekolahan, sehingga MBS mempengaruhi secara langsung dan tidak langsung motivasi kerja dan kinerja guru. Pelaksanaan sertifikasi guru dan pemberian tunjangan sertifikasi bagi guru professional merupakan suatu langkah positip pemerintah memberikan pengakuankepada guru sebagai profesi sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja guru tersebut. Dengan pemberian tunjangan sertifikasi tentu akan dapat meningkatkan kepuasan kerja guru. Dengan demikian ke-empat faktor tersebut di atas ditemukan merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kinrerja guru. Pengukuran tingkat kinerja guru professional perlu dilakukan untuk mengembangkan kinerja guru di tempat kerjanya.
Item Type: | Book |
---|---|
Additional Information: | 371.11 Hut m |
Keywords: | Kinerja; Guru; Budaya organisasi; Motivasi kerja; Kepuasan kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 07:01 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1627 |